Pages

Tuesday, June 19, 2012

Kerudung

Kerudung  adalah  bentuk penutup kepala wanita baik itu yang panjang menutup kepala dada dan badan wanita atau yang hanya rambut dan leher saja. Begitu banyak alasan bisa diungkap mengapa seseorang memutuskan untuk berkerudung dan begitu banyak alasan pula mengapa seseorang memilih tidak atau belum berkerudung. Bila kerudung hanya berupa kain ringan yang menutupi kepala mengapa kita berat untuk menyempurnakannya.

Bersyukur kepada Allah SWT, hidayah datang disaat aku masih muda. Hidayah menghampiri kita memang tidak datang begitu saja, karena memang harus diikhtiarkan. Mempunyai sahabat-sahabat yang baik. Yang selalu mengajak kepada arah kebaikan. Dari mereka aku belajar ikhlas mematuhi kewajiban sebagai muslimah. Khusus buat kalian : Evi, Icha. Weny dan Nurul. Terima kasih buat persahabatannya. Yang saat ini begitu sulit buat bertemu karena kesibukan kita dan juga sudah terpisah jarak. Dan buat pelopor yang pada masaku dan masa sebelum aku berkerudung, InsyaAllah  yang kalian usahakan menjadi ladang amal bagian kalian dan membawa kebaikan bagi kita semua. Dimana saat itu begitu sulitnya muslimah menggunakan pakaian takwa.

Kendala bukan saja dibirokrasi maupun regulasi tetapi juga pada ketersediaan pakaian itu sendiri, serta dari aspek sosial dimana banyak orang melihat orang berkerudung sebagai orang yang aneh, fanatik dan lainnya. Dari segi birokrasi dan regulasi dulu di kampusku ada kebijaksanaan bila kita menggunakan foto ijazah dengan menggunakan kerudung maka kita harus membuat pernyataan bahwa bila dikemudian hari ada permasalahan karena foto tersebut maka kita siap menanggung akibatnya. Dan untuk ketersediaan pakaian pada masa itu tak banyak di pasaran bahkan bisa dikatakan sangat sulit dicari. Maka hampir semua muslimah  yang berkerudung  harus membuat sendiri dengan menjahit di  penjahit langganan atau memang menjahitnya sendiri.

Sekarang, bukan sesuatu yang aneh bila kita melihat mulai banyak dan bertambah banyak  muslimah yang menggunakan kerudung. Alhamdulillah, belasan tahun berlalu aku melihat teman kuliahku maupun teman SMA ku,   banyak yang telah menggunakan kerudung.

5 comments: